Roymundussetya’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mengatasi Rasa Takut Saat Ulangan

Posted by roymundussetya pada Oktober 24, 2008

Ulangan, adalah hal yang biasa saja, karena memang ulangan mau tidak mau harus dilalui jika kita sekolah. Bagi sebagian kecil siswa ulangan bisa jadi menjadi momok yang menakutkan. Terlepas dari mana asal rasa takut itu, yang jelas rasa takut saat menghadapi ulangan harus dihilangkan. Dalam menejemen belajar (Rogers 1978), rasa takut adalah kondisi di mana seseorang tidak mampu mengelola fungsi dari aspek psikis saat menghadapi suatu obyek. Obyek di sini bisa benda, kejadian, peristiwa dll. Kegagalan mengelola aspek psikis ini dapat berakibat pada stagnan (berhentinya) fungsi psikomotorik. Contoh : Seorang anak yang takut pada kecoa, saat melihat kecoa justru tidak dapat bergerak sama sekali. Atau, seorang siswa yang takut menghadapi ulangan justru tidak bisa menggerakan tangannya saat akan mengerjakan soal, biasanya gemeteran, berkeringat dll.

Kita harus mengalahkan rasa takut dengan mengalahkannya, atau paling tidak kalau kita adopsi teori Rogers maka kita harus “mengelolanya”. Ingat di saat banyak orang ketakutan dengan harimau di kebun binatang, sang pawang justru bercanda ria, itu karena dia dapat mengalahkan rasa takut dan mengelolanya dengan baik. Berikut ini akan kita lihat bersama bagaimana kita dapat mengalahkan rasa takut saat ujian :

  1. Anggap Ulangan Sebagai Hal Wajar : Ulangan, sesorang yang akan pergi ke sekolah dan harus melewati jembatan. Jika jembatan dianggap sebagai hal yang wajar, tempat yang harus dilewati setiap hari maka anak itu juga akan enjoy saja setiap hari melewatinya. Begitu juga dengan ulangan, kalo kita menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar dan kita harus melakukannya, niscaya ulangan justru menjadi momen yang kita tunggu.
  2. Berfikir Positif : Jangan berpikiran  buruk dulu dengan hasil ulangan karena hasilnya belum diketahui saat anda ulangan. Karena anda akan menjadi pecundang, orang yang selalu kalah. Tempuh dulu ulangan dengan rasa percaya diri, jangan berfikir tentang kegagalan.
  3. Olah Alam Bawah Sadar : Kita harus selalu mengatakan pada diri kita, setiap saat, bisa diucapkan langsung maupun dalam hati bahwa kita Berhasil dalam Ulangan. Kalau hal ini kita lakukan terus menerus, maka alam bawah sadar kita akan mengolah pesan ini menjadi action , yaitu sebuah tindakan yang merupakan usaha untuk mewujudkan hasil yang kita inginkan : Berhasil.
  4. Persenjatai Diri Anda : Modal kemampuan saja tidak cukup untuk berhasil lepas dari rasa takut saat ujian. Asahlah kemampuan anda setiap saat, sehingga kemampuan yang anda asah itu akan menjadi senjata yang mematikan rasa takut. Anda akan lebih PD dan mantap melangkah menghadapi ujian.

Hal-hal di atas merupakan referensi saja, kunci kemenangan tetap pada bagaimana diri kita mampu mengolah dan mengelola diri agar mampu mengalahkan rasa takut saat ulangan. Ulangan bukan peristiwa yang menakutkan, tetapi sebuah jalan yang harus kita lewat setiap saat. Kita pasti tidak bisa bersembunyi darinya. Tetapi sebaiknya kita menyongsong saja sang “ULANGAN” supaya dia akrab dengan kita.

 

Good Luck

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: