Roymundussetya’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Tip Memilih Jurusan di SMA

Posted by roymundussetya pada Oktober 9, 2008

Memilih jurusan di SMA menjadi penting karena disinilah awal dari sebuah perjalanan menggapai cita-cita dimulai. Salah memilih jurusan bisa membuat kita frustrasi dan tentu mengganggu perkembangan diri kita. Jurusan yang ada di SMA sekarang adalah : IPA, IPS dan Bahasa. Dari ketiganya tidak ada yang paling baik, tetapi semua baik. Karena masing-masing jurusan membutuhkan kemampuan dan ketrampilan tertentu yang khas. Berikut Tip untuk memilih jurusan yang tepat:

  1. Kenalilah Bakat/ Potensi Diri : Caranya dengan melihat hasil tes potensi akademik/ IQ yang anda miliki. Kalau anda ragu bertanyalahkepada orang yang ahli. Psikolog atau Konselor. IQ adalah gambaran mendasar dan masih harus mengolah diri. Hasil tes IQ  hanya referensi untuk mengenal kemampuan diri, bukan untuk dasar penjurusan. Setinggi-tingginya IQ / potensi diri kalau kita tidak berusaha mengolah  diri bagai pisau bagus tak diasah.
  2. Kenalilah Minat Anda : Minat adalah atensi, ketertarikan pada sesuatu, tetapi harus rasional. Apa ketertarikan kita pada suatu jabatan/ pekerjaan, tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan Riil kita. Kita boleh berkeinginan menjadi arsitek, tetapi apakah kita punya kemampuan yang relevan dibidang itu, misalnya mata pelajaran fisika dan matematika. Kita jangan sampai punya obsesi yang tidak punya dasar.
  3. Buktikan Secara Riil : Hal paling absolut dalam penentuan pilihan jurusan adalah prestasi riil kita. Bakat, minat boleh kita kombinasi dengan prestasi riil kita. Kita boleh berbakat dan berminat di jurusan IPA tetapi harus dapat ditunjukan dalam prestasi riil, yaitu nilai mata pelajaran yang kita capai.
  4. Konsultasi : Rajinlah konsultasi kepada konselor, wali kelas dan orang tua. karena peran mereka akan sangat penting dalam memilih jurusan di SMA.

Satu Tanggapan to “Tip Memilih Jurusan di SMA”

  1. krismanto said

    Pak Roy punya tips memilih dosen pembimbing buat tesis? bagi-bagi dong hehe…. belajar dari pengalaman Pak Roy gitu lokh…. hehe… terus berkarya dengan tulisan2nya ya…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: